Dekorasi bunga kertas kian banyak disukai

Setahun terakhir, hiasan bunga berbahan kertas jadi pilihan favorit untuk makin mempercantik dekorasi sejumlah perayaan penting. Pemilik Paper Flower Cikarang, Bekasi, Rachmah Sri Utami mengatakan, permintaan bunga kertas atau paper flower terus meningkat. “Permintaan makin banyak, mungkin karena tren juga ya,” ujarnya.

Rachmah memulai usaha ini pada Agustus 2017, setelah dia mendekorasi acara pertunangannya dengan bunga kertas. Bermodalkan tutorial membuat paper flower dari kanal Youtube, wanita asal Purwakarta, Jawa Barat ini pun mulai membuat rangkain bunga kertas.

Ternyata, banyak temannya yang suka dan memesan padanya. “Saya pikir ini bisa jadi peluang bisnis,” terang Rachmah. 

Dari pengalaman itulah, ia mulai membuka pesanan pembuatan paper floweruntuk dekorasi. Pelanggannya datang dari Jabodetabek, Palembang, Surabaya, NTT dan Sukabumi. “Pelanggan paling banyak dari Jabodetabek karena ada free ongkos kirim,” kata Rachmah.

Ada lima paket paper flower yang ditawarkan Paper Flower Cikarang. Harga paket dibanderol mulai Rp 150.000, Rp 175.000, Rp 250.000, Rp 300.000 dan Rp 350.000. Perbedaan kelima paket itu ada pada jumlah dan ukuran bunga.

Selain menyediakan paper flower, wanita 25 tahun ini juga melayani dekorasi backdrop di sekitar Cikarang dan Bekasi saja. Paket dekorasi backdrop dibanderol Rp 800.000-Rp 2,5 juta.

Meningkatnya permintaan paper flower dapat tergambar dari penjualan Rachmah. Ia bisa menjual tujuh paket paper flower per hari. “Dulu, waktu awal jualan, paling dua sampai tiga paket per hari. Sekarang tujuh paket bisa terjual per hari. Kebanyakan pelanggan memesan paket Rp 175.000,” ungkapnya.

Banyaknya permintaan paper flower juga diakui oleh Indah Fajarwati, pemilik Made Paper asal Kalideres, Jakarta Barat. Permintaan paper flower milik Indah meningkat sampai tiga kali lipat dibanding saat awal ia memulai bisnis ini. “Benar kalau permintaannya makin banyak. Karena tren kali ya, jadi semua orang pengen perayaannya didekor pakai paper flower,” katanya.

Made Paper menawarkan paket paper flower dan jasa sewa backdrop paper flower. Indah mengatakan paket paper flower dibanderol mulai dari harga Rp 200.000 dengan isi 12 bunga. Sedangkan untuk sewa backdrop bunga kertas ini dibanderol mulai Rp 1 juta.

Dalam sehari, ia bisa menjual 15-20 paket paper flower dan 10 paket sewa backdrop tiap minggunya. “Alhamdulilah, peminatnya makin banyak,” kataIndah.

Pelanggan terbanyak tetap dari Jabodetabek. Dia juga masih mambatasi  sewa backdrop untuk pelanggan sekitar Jabodetabek. “Pelanggan paket paper flower dari Surabaya, Malang, Kediri, Bandung, Medan, Pekanbaru, Palembang, Makassar dan Kendari,” paparnya.