Legenda dan Mitos Bunga Wijaya Kusuma

Apakah Anda pernah mendengar kembang wijaya kusuma?  Mungkin sebagian orang akan mengernyitkan dahi untuk sekedar mengingat atau mencari tahu tentang tanaman ini. Tidak heran bila Anda tidak mengetahuinya, bunga wijaya kusuma memang hanya populer di kalangan tertentu.

Nama bunga ini memang tidak sepopuler bunga mawar yang langsung diketahui bila disebutkan namanya dan langsung ingat akan bentuk dan aroma dari bunga ini. Epipyllum oxypetalum merupakan nama latin dari bunga wijaya kusuma atau populer juga dengan sebutan bunga ratu malam. Nama bunga ratu malam diberikan karena bunga ini akan terlihat keindahannya hanya pada malam hari.

Bunga wijaya kusuma mempunyai sifat yang unik yakni hanya akan mekar bunganya ketika malam hari saja. Ketika pagi tiba, bersama dengan terbitnya matahari maka bunga ini akan layu dan kelopak bunga yang berjajar rapi akan berguguran satu per satu.

Selain bentuk bunga yang indah, bunga wijaya kusuma menyimpan berbagai misteri dan mitos yang dipercayai oleh beberapa masyarakat. Bunga ini hanya mekar di malam hari saja, tidak heranbila banyak orang yang penasaran dengan bunga yang satu ini.

Sebagian masyarakat Jawa bunga wijaya kusuma dipercaya sebagai bunga yang mempunyai kekuatan mistis. Ada banyak sekali mitos yang beredar, mulai yang terdengar biasa sampai yang serius. Ada yang percaya bahwa ketika halaman rumah ditumbuhi bunga ini dan mempunyai bunga akan memudahkan pemilik rumah dalam mendapatkan banyak rezeki.

Ada juga legenda yang berkaitan dengan kembang wijaya kusuma ini di beberapa daerah. Di kalangan keraton dipercaya bahwa salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh seorang raja bila ingin naik tahta yakni harus mempunyai sekuntum kembang wit wijaya kusuma.

Wit wijaya kusuma tersebut mempunyai makna yang luas, wit (batang pohon) merupakanbagian utama dari tanaman agar bisa berdiri dengan tegak.Halitu menjadi simbol bahwa seorang raja harus bisa menjadi pengayom bagi rakyat yang dipimpinnya.