Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan

Dibalik keindahan dan semerbak harumnya, bunga kamboja ternyata menyimpan berbagai manfaat yang luar biasa. Sebagain besar masyarakat di Indonesia menggunakan tanaman ini sebagai tanaman hias, di Bali bagi agama tertentu menggunakan bunga kamboja untuk menggelar berbagai upacara keagamaan.

Tetapi mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa bunga kamboja termasuk bunga yang bisa dimakan layaknya bunga pepaya dan bunga turi. Bukan hanya itu, ternyata dengan memakan bunga tersebut memberikan efek positif bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat bunga kamboja bagi kesehatan.

Bunga Kamboja Sebagai Antibiotik dan Mengobati Sakit Gigi

Getah kamboja mengandung zat triterpenoid, flavonoid, alkaloid, dan tanin yang sangat bermanfaat sebagai antibiotik bila digunakan dengan dosis yang tepat. Selain itu tanaman kamboja disebut-sebut sangat ampuh untuk mengatasi gigi berlubang.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu meneteskan getah kamboja ke kapas kemudian disumpalkan ke gigi yang berlubang. Dosisnya cukup 1-2 kali sehari. Perlu diketahui pengobatan dengan getah kamboja ini sifatnya hanya sementara, dan hanya mengurangi rasi sakit. Untuk pengobatan secara menyeluruh bisa berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter pribadi.

Manfaat Bunga Kamboja untuk Mengobati Bisul

Apakah Anda pernah terkena bisul? Jika pernah pasti tidak akan pernah lupa rasa sakitnya bukan. Bila Anda terkena bisul lagi bisa mencoba pengobatan dengan bunga kamboja. Cara nya juga cukup mudah yakni dengan memanaskan daun kamboja sampai layu kemudian oleskan minyak zaitun pada daun tersebut.

Setelah itu tempelkan daun kamboja ke bagian tubuh yang terkena bisul, biarkan daun sampai mengering. Setelah daun kering ganti dengan daun yang baru dengan langkah seperti di atas.

Mengobati Kaki Bengkak

Selain kelopak bunganya akar dan batang tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat. Salah satu manfaatnya adalah mengobati kaki bengkak dan tumit yang pecah-pecah. Caranya pengobatannya juga cukup mudah, Anda bisa merebus akar dan daun bunga kamboja sampai mendidih kemudian tambah sedikit garam mineral. Gunakan air rebusan tersebut untuk merendam kaki yang sakit. Lakukan pengobatan ini 2 kali sehari secara rutin sampai sembuh.

Gonorrhoea dan Borok

Ada yang menyakini bahwa salah satu manfaat dari bunga kamboja adalah untuk mengobati penyakit menular seksual (PMS) kencing nanah atau biasa disebut dengan istilah gonorrhoea. Caranya juga cukup mudah, oleskan getah kamboja pada borok atau bagian yang menderita penyakit.

Itulah beberapa pengetahuan mengenai bunga kamboja. Dengan membaca artikel ini Anda pasti sudah tau bukan apa saja jenis dan manfaat bunga kamboja. Salah satu keuntungan dari pengobatan ini adalah tanpa menimbulkan efek samping, sehingga relatif aman. Tetapi untuk penggunaannya sebaiknya tetap berkonsultasi dengan ahli kesehatan di sekitar Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *