Teknik Mudah Merangkai Bunga untuk Sambut Lebaran

Rangkaian bunga potong kerap menjadi pilihan dekorasi di acara atau perayaan spesial.

Bunga potong yang harum, segar dan tersedia dalam aneka warna membuatnya sangat praktis menyulap ruangan menjadi lebih semarak. Untuk menyambut hari raya Lebaran, tidak ada salahnya membeli seikat bunga untuk menghias ruang keluarga.

Jika biasanya bunga potong hanya dicelupkan pada vas berisi air, kini Anda bisa coba kreasi baru dengan belajar merangkai bunga.

Anda bisa bertanya kepada penjual bunga mengenai warna dan jenis bunga yang tengah populer dipilih sepanjang tahun ini. Umumnya mereka juga akan menjual satu buket bunga beserta daun hijau pelengkap.

Untuk Anda pemula dalam seni merangkai bunga, simak enam langkah singkat di bawah ini,

berikut ini sebelum mulai merangkai bunga:

  • Jepitan bunga dan busa gabus
  • Vas pendek dan lebar (atau sesuai selera)
  • Tiga jenis dedaunan hijau segar.
  • Satu ikat bunga potong segar

Langkah pertama adalah membuat pemetaan atau desain tampilan rangkaian bunga sesuai keinginan.

Sebagai contoh, jika ingin tampilan tinggi maka pilihlah vas tinggi dengan leher yang melebar. Anda harus membuat tampilan berundak dari tinggi ke rendah agar rangkaian keseluruhan terlihat proporsional.

Namun untuk pemula, disarankan memilih vas yang pendek dan lebar, karena lebih mudah menatanya.

Setelah itu, perlahan masukkan beberapa tangkai daun hijau beraneka jenis secara melingkar di tepian leher vas. Jika satu baris selesai, maka lanjutkan dengan satu baris di atasnya. Setelah semua daun selesai dirangkai, maka lanjutkan dengan menyisipkan bunga potong.

Teknik ini dapat memberikan tampilan alami pada rangkaian bunga Anda. Anda bisa memilih daun dan bunga yang berbentuk asimetris agar terlihat lebih bebas dan natural.

Buat ketinggian yang berbeda antar satu baris ke baris yang lain untuk membuat kesan romantis dan mengembang.

Untuk membuat tanaman berdiri tegak dan rapi, Anda bisa menggunakan floral foam atau busa gabus untuk menancapkan batang di bagian bawah vas.

Pilih floral foam basah yang bisa direndam dalam air dan membuat rangkaian bunga Anda sedikit lebih tahan lama.

Setelah berhasil membuat daerah dasar, kini penuhi seluruh celah dengan bunga potong yang berperan sebagaiĀ centerpieceĀ atau pusat perhatian di rangkaian Anda.

Potong batang bunga dengan ketinggian yang berbeda-beda agar dapat ditata dengan posisi berbeda di vas Anda.

Jangan ragu bereksperimen dengan ketinggian yang berbeda-beda untuk percobaan pertama Anda. Semakin tinggi batang tanaman yang disematkan, maka akan semakin membuat siluet yang mengesankan.

Jika merasa kurang pas dengan hasil akhir, Anda juga bebas mengulang kembali rangkaian bunga hingga dirasa pas dan seimbang.

Tahap selanjutnya adalah dengan merapikan rangkaian bunga yang sudah jadi. Anda bisa menambah beberapa dedaunan hijau atau mengubah posisi bunga. Atau bahkan menggunting ujung dedaunan yang terlihat kurang rapi dipandang.

Rangkaian bunga Anda sudah selesai! Coba pandang dari kejauhan untuk memastikan komposisinya seimbang dari kanan sampai ke kiri

Semprotkan air bersuhu ruangan pada permukaan bunga dan daun agar terlihat segar. Kemudian letakkan vas berisi rangkaian bunga tersebut di sudut ruangan atau tengah meja, sesuai dengan keinginan Anda.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *