Yuk Hadirkan Taman di Rumah Minimalis

Selain untuk mempercantik halaman rumah, kehadiran taman dapat menjadi arena untuk duduk-duduk santai menyegarkan pikiran yang letih serta menjadi tempat penyuplai udara bersih bagi lingkungan rumah Anda. Untuk merancang suatu taman dalam rumah, Anda memerlukan lahan yang cukup luas dan besar. Padahal untuk memiliki rumah berukuran besar di kota besar sekarang ini hampir bisa dibilang mustahil. Selain karena harganya yang melambung tinggi, lahan yang tersedia juga kurang memadai. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa memiliki taman rumah minimalis Anda, bukan?

Sisa lahan yang tidak terlalu luas di dalam rumah minimalis juga bisa Anda manfaatkan menjadi arena taman kecil.

Berikut ini sedikit tips dalam merancang desain taman kecil untuk rumah minimalis Anda :

Maksimalkan lahan sisa

Manfaatkanlah lahan yang tersisa di rumah Anda dengan menciptakan tamanMeskipun mungil, keberadaan taman di rumah sangat membantu sirkulasi udara bersih setiap hari. Biarkan tanpa atap agar sinar matahari dan udara dapat masuk. Tanam rumput dan tanaman hias kecil. Tambahkan kerikil atau bebatuan untuk  memberikan kesan alami yang menenangkan.

Buatlah taman vertikal

Taman vertikal adalah inovasi menarik untuk menyiatasi lahan yang terbatas di rumah Anda. Selain menghemat tempat, biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak. Cukup sediakan media tanam dan dinding yang bisa digunakan. Media tanam bisa berupa pot-pot gantung berukuran kecil yang siap Anda gantung secara vertikal. Untuk membuat taman vertikal tentunya memerlukan konstruksi penyangga yang berbeda dengan taman pada umumnya. Ada berbagai macam penyangga yang bisa digunakan seperti frame taman, tiang besi, kayu atau pun kawat. Pastikanlah tiang atau konstruksi penyangga dapat menyangga tanaman sekuat mungkin sehingga taman tidak ambruk. Jika Anda ingin taman yang lebih hijau, Anda bisa menyiasatinya dengan menanam tanaman merambat pada dinding rumah Anda.

Terrarium

Jika benar-benar tak ada lahan sisa di rumah Anda, atau bagi Anda yang tinggal di unit apartemen, Anda bisa menciptakan terrarium. Memiliki terrarium selayaknya memiliki taman di dalam rumah namun dengan ukuran yang super mini.  Tanaman jenis kaktus atau succulent adalah tanaman yang paling cocok ditanam di dalam terrarium. Meskipun minim perawatan, terrarium sangat unik sehingga mampu memanjakan mata.

Tanaman artifisial

Bagi Anda yang tak punya waktu merawat tanaman tetapi ingin menikmati suasana hijau, tanaman artifisial bisa jadi pilihan terbaik. Pilih beberapa jenis tanaman artifisial dan tata di beberapa sisi rumah. Tanaman artifisial sangat mudah perawatannya karena tidak memerlukan air dan sinar matahari, namun ia dapat mempercantik ruangan seketika.

Buat suasana rumah jadi lebih hijau dan asri dengan menciptakan taman rumah minimalis. Di mana pun letaknya, taman depan rumah, atau taman belakang rumah, bahkan taman di dalam rumah, Anda tetap bisa menikmati atmosfer alam meski lahan terbatas. Untuk mempercantik taman rumah minimalis Anda, letakkan kursi dan meja taman yang nyaman yang tentunya disesuaikan dengan luas taman rumah minimalis Anda. Jangan lupa untuk memasang lampu taman yang akan membuat suasana lebih hangat ketika malam hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *