Cara Merawat Pot Gantung dan Tanaman Hiasnya Agar Terlihat Indah

Anda pecinta tanaman hias? Pastinya anda akan tahu mengenai pot gantung. Ya pot jenis satu ini memang sangat unik dan juga penggunaannya untuk tanaman tanaman hias, sehingga ketika anda menggantung tanaman hias dengan pot gantung, tentunya ruman aanda akan bertambah catrik dan juga berwarna.

Selain menambah kesejukan di dalam suasana rumah anda, menanam tanaman hias pun dapat anda gunakan agar saat anda terasa stress maka anda tingga memandang tanaman hias tersebut sehingga lambat laun rasa stress anda akan menghilang dengan sendirinya.

Pot gantung bisa anda gunakan jika ingin agar tanaman hias tersebut bisa berada di atas dan menggantung layaknya seperti pohon sehingga rasa rileks dan sejuk akan terpancar saat anda melihat tanaman hias tersebut berada di pot gantung.

Dengan menggunakan pot gantung untuk tanaman hias anda, anda bisa merawatnya dengan cukup mudah misalkan jika ingin agar tanaman hias anda selalu disinari cahaya matahari tentunya anda dapat menggantungnya dengan jendela rumah anda ataupun di dalam kamar anda sekalipun sehingga waktu yang digunakan akan sangat efektif.

Tetapi, bagi anda yang belum pernah sama sekali menggunakan pot gantung pada tanaman hias anda ketika anda menginginkan agar tanaman hias anda berada di pot gantung agar mudah dalam merawatnya tentunya hal ini tidak akan jadi masalah yang lumayan besar

Tetapi, tentu saja jika anda memilih untuk menanam tanaman hias kesayangan anda di dalam pot gantung, tentunya anda harus memperhatikan perawatan dan juga penanamannya pun cukup mudah dan sama sana dengan pot biasa.

Oleh karena itu, di dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai beberapa tips cara merawat pot gantung agar dapat bertahan lama sehingg tanaman hias anda akan terus tumbuh dan berkembang cantik. Apa sajakah itu? Mari simak tips ini selengkap lengkapnya.

Cara Merawat Pot Gantung pada Tanaman hias

Dalam merawat tanaman hias anda di pot gantungan, tentunya anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

  • Pelajari tipe tanaman hias yang akan anda tanam di Pot Gantung

Tanaman hias apapun sebenarnya bisa ditanam di dalam Pot Gantung, walau demikian ada beberapa tanaman yang memang tidak cocok untuk ditanam di pot gantung seperti geranium yang akarnya bisa merambat tentunya akan memakan ruang dan tempat.

Anda harus memperhatikan setiap tanaman hias, tidak semuanya memang bisa bertumbuh di dalam pot gantung. Namun anda perlu sekali lagi melihat, anda tidak bisa menanam untuk tanaman berbuah di Pot gantung sendiri bukan?

Ada beberapa tanaman yang sangat cocok anda tanam di Pot Gantung, antara lain;

Tanaman Petunia: Tanaman yang satu ini sangat mudah di rawat, dan termasuk tanaman hias yang sangat popular. Sebab, bunga ini sangat mudah untuk di pelihara, tanaman yang satu ini sangat rimbun dengan variasi warna yang banyak. Kelopaknya mendominasi loh!

Tanaman Portulaca: Tanaman ini memiliki banyak jenis warna. Ini sangat mudah merawarnya, walaupun jika anda menanamnya untuk tumbuhnya sangat lambat. Namun tidak membutuhkan pupuk yang banyak seperti untuk memanen padi, atau seperti cara menanam pisang, cara menanam pohon kelengkeng, cara menanam papaya California, cara menanam semangka ukuran besar. Hanya dengan penyiraman yang teratur sudah dapat membuat tanaman ini tumbuh dengan subur loh!

Tanaman Creeping Charlie: Jika anda ingin rumah anda terlihat rimbun indah dan dengan dominasi warna warna alam seperti hijau, maka tanaman yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik anda untuk menanam. Bagaimana tidak, tanaman ini sangat cepat bertumbuh dan hanya terdiri dari daun saja. Tanaman ini dapat membuat rumah anda terlihat sangat hijau.

Tanaman Sirih Blaster Heart: Nah yang satu ini juga tanaman yang sangat mudah untuk di rawat, di sebut juga tanaman sirih Belanda. Tanaman ini tidak ada bunga, hamper sama dengan tanaman Creeping Charlie, namun daun dari tanaman ini terlihat hijau putih. Tidak hanya monoton berwarna hijau.

  • Sesuaikan dengan cahaya matahari

Bila anda memiliki tanaman hias yang memerlukan cahaya matahari secara langsung seperti kaktus atau bunga lipstik, tentunya tidak akan cocok jika di tanam dengan pot gantung karena cahaya matahari yang diserap tidak akan optimal.

Oleh karena itu penting untuk menyesuaikan tanaman hias anda dengan pot gantung yang akan digunakan. Maka dari itu pilihlah pot yang sesuai dengan tanaman hias anda, anda tentunya dapat menanyakannya secara langsung kepada penjual pot gantung langganan anda.

  • Tentukan tali gantungannya

Pastikan untuk menggunakan tali pada gantungan pot yang memiliki bahan yang kuat serta dapat menahan berat dari tanaman hias anda beserta dengan potnya.

Hindari menggunakan kawat atau tali yang dibuat sendiri karena selain tidak akan enak dipandang, bisa bisa tali atau kawat yang anda pasang tidak akan tahan dengan berat dari pot dan tanaman hias anda sehingga akan mengakibatkan pot gantung tersebut jatuh.

Iulah beberapa tips mengenai cara merawat Pot Gantung beserta tanaman hias yang anda tanam, semoga dapat memperpanjang dan mempercantik tanaman hias anda di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *